Salah Rekrut CPNS Menyesalnya 30 Tahun

366

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, mengatakan pihaknya terus melakukan perbaikan dalam sistem penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini dilakukan demi menciptakan pegawai negeri yang memiliki kualitas sesuai dengan kebutuhan bangsa.

“Kami sedang konsentrasi perbaiki ASNnya. Tidak boleh lagi masuk PNS itu tanpa tes. Kalau salah rekrut nyeselnya 30 tahun. Absennya ada terus tapi tidak ada manfaatnya ,” ujar Menteri Asman.

Menteri Asman mengatakan, pengetatan penerimaan PNS juga disesuaikan dengan kebutuhan setiap wilayah di Indonesia. Dia mengatakan, jangan sampai suatu daerah memiliki potensi pariwisata tetapi kemudian banyak dijabat oleh PNS bidang lain yang tidak berkaitan.

“Jadi kalau daerahnya potensinya pariwisata harus mengerti pariwisata orangnya. Ada unit perhubungan dipimpin oleh guru agama,” jelasnya.

Menteri Asman menambahkan, pemerintah melalui peluncuran Online Single Submission (OSS) berupaya memperbaiki berbagai kekurangan di daerah. Dengan demikian, segala kebutuhan di daerah bisa disampaikan secara langsung kepada pemerintah pusat.

“Dengan sistem IT (OSS) yang terintegrasi mestinya tidak ada daerah yang tidak terhubung dengan pusat. Jadi kepala daerah bisa ajukan langsung sesuai kebutuhannya tanpa harus ke Jakarta. Kemarin pas baru masuk kerja saya tidak harus sidak,” tandasnya. (merdeka.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.