Tantang Kreativitas ASN, Kementerian PANRB Selenggarakan Video Challenge

15

JAKARTA – Salah satu karakteristik Smart ASN adalah menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dimana salah satu bentuknya adalah audio visual atau video. Perkembangan teknologi informasi pun telah melekat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya media sosial Instagram dan YouTube.

Melihat perkembangan tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bekerja sama dengan PAPI Organization mengadakan Video Challenge ASN. “Dengan video challenge ini, kami ingin menggelorakan semangat ASN untuk dapat terus mengembangkan diri menjadi SmartASN,” ujar Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta.

Video Challenge dengan durasi maksimal 60 detik ini ditujukan bagi seluruh ASN di Indonesia dan mengambil tema “ASN Masa Kini Menurut Kamu” dan “Alasan Kamu Menjadi ASN”. Video dikirimkan melalui email ke papitvindonesia@gmail.com dengan melampirkan subject NAMA (spasi) INSTANSI (ASAL DAERAH) paling lambat 5 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB. Video yang di-submit wajib menyertakan watermark logo Kementerian PANRB dan PAPI TV yang dapat diunduh di link yang terdapat pada bio @papiindonesia.

Setelah mengirimkan video, peserta wajib untuk subscribe Youtube Channel PAPI TV, dimana seluruh video yang masuk akan ditayangkan. Setelah itu, beri tanda likedan komentar serta share video masing-masing.

Untuk mempromosikan video challenge ini, peserta juga wajib untuk mengikuti akun Instagram @kemenpanrb dan @papiindonesia. Unggah video dan gunakan tagar #ASNMasaKini #ASNDigitalChallenge, tag serta mention akun Instagram Kementerian PANRB dan PAPI Indonesia. Durasi promosi ini berlangsung selama 12 hari pada 1-11 Agustus 2019.

Dari berbagai video yang masuk, akan diseleksi menjadi 25 video terbaik. Ke-25 video terbaik ini akan diunggah melalui channel Youtube Kementerian PANRB untuk dilakukan seleksi kembali. Tiap peserta yang masuk ke dalam 25 terbaik, wajib untuk subscribe channel Kementerian PANRB di Youtube serta memberikan like, komentar, dan share sebagai penilaian akhir. Para peserta juga diperbolehkan untuk mempromosikan video mereka yang terdapat di channel Kementerian PANRB via Instagram dengan ketentuan yang sama seperti di atas.

Pemenang dari Video Challenge ASN ini terdiri dari 1 video dengan viewer terbanyak dan 1 video dengan konten terbaik. Penilaian Video Challenge ASN ini ditutup pada 11 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB.

“Melalui challenge ini juga, kami ingin melihat kreativitas para ASN serta menunjukkan masyarakat bahwa ASN sekarang sudah jauh berbeda dari sebelumnya,” tambah Setiawan.

Sementara itu, Kementerian PANRB juga tengah mengadakan lomba konten medsos yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan Presidential Lecture 2019. Masih menggunakan media sosial Instagram, lomba ini terbuka bagi para CPNS yang mengikuti acara Presidential Lecture 2019, baik secara langsung di Istora Senayan maupun melalui tayangan langsung di TVRI dan teleconference. Untuk mengikuti lomba ini, setiap peserta wajib untuk mengikuti akun Instagram @kemenpanrb terlebih dahulu.

Tema yang diangkat dalam lomba konten medsos ini mengikuti tema dari kegiatan Presidential Lecture 2019 itu sendiri, yakni ‘Sinergi untuk Melayani’. Konten yang diunggah melalui akun Instagram harus memiliki korelasi dengan keterangan konten serta menyertakan tagar #SinergiUntukMelayani dan #PresidentialLecture2019 serta mention dan tag akun @kemenpanrb. Setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengunggah satu konten terbaik hingga tanggal 12 Agustus 2019.

“Selain untuk mendokumentasikan kegiatan, melalui lomba ini para CPNS diharapkan dapat berbagi dengan masyarakat luas terkait yang mereka dapatkan dalam kegiatan Presidential Lecture 2019 ini,” pungkas Setiawan.

Adapun kriteria penilaian terhadap dua lomba ini adalah orisinalitas, kesesuaian dengan tema, dan kreativitas. Pemenang Lomba Konten Medsos dan Video Challenge ASN ini akan diumumkan pada Senin, 12 Agustus 2019 melalui akun Instagram @kemenpanrb dan @papiiindonesia. Pemenang juga akan diundang pada Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2019 untuk menerima hadiah di Kantor Kementerian PANRB. (ald/HUMAS MENPANRB)

Leave A Reply

Your email address will not be published.